Bersama Warga, Pagar Melakukan Penanaman Pohon Di Buffalo Hill

Advertisemen
Info Paguci - Pada hari Minggu tanggal 16 April 2017 telah dilaksanakan kegiatan penanaman pohon dikawasan Buffalo Hill. Penanaman tersebuat diadakn oleh Pecinta Alam Garut (PAGAR) bersama warga Kampung Pelag Desa Sukalilah. Aksi penanaman tersebut bertujuan untuk menyelamatkan kawasan Tegal Munding sebagai salah satu sumber mata air untuk masyarak sekitar kaki Gunung Puntang karena di  kawasan Tegal Munding terdapat mata air yang merupakan salah satu hulu sungai Cimanuk. Pagar merupakan organisasi Pecin Alam yang ada di Garut. Kegiatan penanaman merupakan agenda rutin yang sering dilakuan oleh Pagar. Kegiatan penanaman yang pernah dilakuan adalah dikawasan dekat Curug Ngebbul di Kampung Citilu dan kaki Gunung Papandayan yaitu di Kampung Ciseupan.


Buffalo Hill merupakan sebuah tegal yang cukup luas yang berada di di ketinggian 1000 mdpl. Secara Administratif kawasan Tagal Munding berada di diantara tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cisurupan, Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Sukaresmi. Tegal Munding masuk kedalam kawasan Gunung Puntang, sebuah gunung yang bersebelahan dengan Gunung Papandayan.

Alasan dipilhnya Buffalo Hill sebagai tempat penanaman kerena kondisi yang memprihatinkan disepanjang aliran anak sungai yang mengalir dari Gunung Puntang ke Sungai Cimanuk. Ada beberapa titik lokasi rawan longsor disepanjang jalur sungai tersebut. Selain itu sungai tersebut salah satu penyumbang air yang menyebabkan banjir bandang yang melanda Kabupaten Garut beberapa bulan yang lalu. Setelah bericara dan mengutarakan niat ingin melakukan penanaman, Warga sekitar menyambut baik dan mengusulkan untuk melakukan penanaman di sekitar kaki Gunung Puntang.

Total bibit pohon yang diberikan kepada masyarakat adlah 2200 pohon. 2000 pohon kayu produksi seperti bibit Pohon Suren, Aprika, dan Ekaliptus dan 200 bibit pohon kayu keras. 200 bibit pohon kayu keras di tanama secara serentak di kawasan Tegal Munding oleh Pagar dan warga sekitar. Kegiatan diawali dengan beberapa sambutan dari Ketua Pagar, perwakilan Kapolsek Cisurupan, Kepala Desa Sukalilah dan disusul oleh Kang Hendri Adrinato dari PT. Tiara Alas Lestari dari Cianjur yang memberikan sambutan sekaligus serah terima bibit pohon kepada Kepala Desa Sukalilah. Penanaman dilakukan di sekitar Camping Ground Buffalo Hill. Sementara 2000 bibit pohon disebar dan dibagiakan ke tiga desa yang berada di kaki Gunung Puntang untuk ditanam dibeberapa lokasi yang rawan longsor. Banyak anak-anak yang ikut dalam penanaman di Buffalo Hill. Mereka terlihat bersemangat ketika menanam pohon. Beberapa anggota senior Pagar yang sudah berkeluarga juga membawa anak-anak mereka yang masih kecil. Salah satunya Santi Apianti yang membawa kudea anak kembarnya yaitu Puspa dan Sekar. 

Aksi penanaman ini terselenggara dengan dana swadaya yang dikumpulkan dari iuran sukarela yang diberikan anggota Pagar. Sementara bibit pohon pemberian dari PT. Tiara Alas Lestari melalui Kang Hendri dari Cinajur. Semoga dengan diadaknnya penanaman ini ada perubahan yang lebih baik. Semoga aksi penanaman ini bisa meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap alam.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Info Paguci - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger