Taman Nasional Baluran - Info Tiket Masuk & Harga Penginapan Lengkap

Taman Nasional Baluran merupakan hamparan luas savana di Jawa, Tentunya hal ini akan membuat Anda yang berkunjung ke sini sepertinya serasa berada di Afrika. Baluran disajikan dalam alam yang menakjubkan ketika ratusan rusa berlari menuju genangan, seekor burung merak jantan  menyebarkan ekornya untuk menarik betina, lusinan kerbau besar, dan lusinan elang yang berterbanga.


Secara umum Taman nasional baluran merupakan salah satu tempat konservasi bagi fauna dan flora liar yang memiliki habitat di taman wisata ini, selain dilindungi oleh pemerintah, semua flora dan aneka satwa liar yang terdapat di taman wisata ini juga di tampung dalam satu penangkaran yang luas dan menjadi ekosistem yang terdapat dalam taman wisata baluran ini, oleh karena itu jika anda berkunjung ke tempat ini, anda akan melihat beberapa flora dan fauna liar yang berkeliaran bebas di sekitar savana di taman wisata ini, selain dapat mengeksplorasi keindahan taman, terdapat beberapa objek wisata di taman nasional baluran yang tak kalah menarik lainnya, nah jika anda penasaran anda  dapat menyimak objek-objek wisata di taman nasional baluran yang wajib anda kunjungi berikut ini.

Keanekaragaman Flora Di Taman Nasional Baluran
Tanaman di Taman Nasional Baluran sebanyak 444 jenis, di antaranya terdapat tanaman asli dan khas Widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), neem (Azadirachta indica), dan Pilang (Acacia leucophloea). Widoro bukol, neem, dan Pilang adalah tanaman yang mampu beradaptasi dengan kondisi yang sangat kering tetapi masih tampak hijau meskipun tanaman lain telah layu dan kering. Tanaman yang juga hadir seperti hazelnut (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp), asam (Tamarindus indica), yam (Dioscorea hispida), kendal (Cordia obliqua), Manting (Syzygium polyanthum) , dan mengepul (Sterculia foetida).


Keanekaragaman Fauna Di Taman Nasional Baluran
Ada 26 jenis mamalia termasuk banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), rusa menggonggong (muntjac muntjak India), rusa (Cervus timorensis deer), macan tutul (Panthera pardus), rusa (Tragulus pelandoc javanicus), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Hewan jantan banteng ini khas dari Taman Nasional Baluran. Selain itu, ada sekitar 155 spesies burung yang termasuk langka seperti layang-layang api (Hirundo rustica), ayam hutan merah (Gallus gallus), rangkong (Anthracoceros convecus), rangkong (Buceros rhinoceros), tuwuk atau Asian koel (Eudynamys scolopacea) , burung merak (Pavo muticus), dan tonggak tonggak (Leptoptilos javanicus).

Taman yang relatif kecil dikemas dengan kegiatan rekreasi di luar ruangan, seperti: wahana safari, trekking di hutan, menyelam dan snorkeling, mendaki gunung dan mendaki, berjalan-jalan di pantai, berkano, mendayung, dan berperahu.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Secara geografis taman nasional baluran ialah sebuah taman yang terletak di daerah Situbondo. Lokasi Taman Nasional Baluran masuk ke desa wonorejo, kecamatan banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sebenarnya, kawasan baluran ini terletak di perbatasan kabupaten Situbondo dan kabupaten Banyuwangi. Banyak orang menyebut Taman Nasional Baluran Situbondo, ada juga yang menyebut Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Sederhana saja, karena lokasi taman ini lebih dekat ke Banyuwangi daripada kabupaten Situbondo sendiri. Untuk lebih jelas mengenai lokasi Taman Nasional Baluran, bisa anda lihat di google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/6SXqaeBDVdK2


Info Kontak Dan Nomor Telepon:

Terletak di lahan taman seluas 25.000 hektar di Jawa Timur, Taman Nasional Baluran di Situbondo, memiliki tampilan dan nuansa padang rumput Afrika. Ini memiliki iklim yang relatif kering dan terdiri dari hutan dataran rendah, savana, hutan mangrove, perbukitan, dan Gunung Baluran (1247m), sebuah gunung berapi yang tidak aktif yang menjulang di atas dataran. Garis pantai sepanjang 40 km terdiri dari hutan dataran rendah, pantai dan terumbu karang.

Baca Juga: 
Info Lengkap Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi










Catatan Penting:

Waktu Yang Pas Untuk Berkunjung Ke Taman Nasional Baluran
  • Musim kawin rusa sekitar bulan Juni s.d. Juli
  • Musim kawin merak sekitar bulan Agustus s.d. September
  • Cuaca musim hujan sekitar bulan Januari s.d. April
  • Cuaca musim panas sekitar bulan Mei s.d. Desember

Info Penginapan Di Taman Nasional Baluran

Savana Bekol Guest House, Meliputi:


Kapasitas / Kapasitas: 7 kamar (2 orang / kamar)
Tarif kamar: Rp. 100.000, - / kamar / 2 orang
Nomor kontak reservasi Telepon082332213114 (Trihari) atau(+62) 333461936



Kapasitas / Kapasitas: 3 kamar (2 orang / kamar)
Tarif kamar: Rp. 100.000, - / 2 orang / kamarKapasitas / Kapasitas: 1 kamar (1 orang / kamar)Tarif kamar: Rp. 150.000, - / 2 orang / kamar
Nomor kontak reservasi Telepon 082332213114 (Trihari) atau(+62) 333461936


Kapasitas / Kapasitas: 3 kamar (2 orang / kamar)
Tarif kamar: Rp. 100.000, - / 2 orang / kamarKapasitas / Kapasitas: 1 kamar (1 orang / kamar)Tarif kamar: Rp. 150.000, - / 2 orang / kamar
Nomor kontak reservasiTelepon082332213114 (Trihari) atau(+62) 333461936

Bama Beach Guest House


Kapasitas / Kapasitas: 1 kamar (2 orang / kamar)
Tarif kamar: Rp. 200.000, - / rumah tamuNomor kontak reservasi
Telepon082332213114 (Trihari) atau(+62) 333461936

Disclaimer: Harga sewatu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dulu

Beberpa Tempat Lainnya Yang Bisa Dikunjungi Di Taman Nasional Baluran

Ada beberpa tempat menarik yang dapat anda jelajahi jika berkunjung ke Taman Nasional Baluran, salah satunya pantai


Taman Nasional Baluran Pantai Bama

Pantai Bama merupakan sebuah pantai yang dekat dengan lokasi taman nasional baluran, selain terkenal akan keindahanyya, pantai bama juga memiliki sebuah hutan yang merupakan habitat asli bagi flora dan fauna liar yang terdapat di lokasi wisata ini, selain itu pantai bama juga memiliki objek wisata alam bawah laut yang indah, bahkan keindahan alam bawah laut di pantai bama ini hampir sama dengan pemandangan alam bawah laut di pantai bunaken (bunaken island), oleh sebab itu jika anda berkunjung ke Taman Nasional Baluran, ada baiknya jika anda berkunjung ke pantai bama ini.

Taman Nasional Baluran Curah Tanggis

Jika anda seorang yang memiliki hobi panjat tebing atau rock climbing, mungkin tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke objek wisata curah tanggis ini, sebab selain terkenal akan keindahnnya tebing curah tanggis juga memiliki tebing tinggis yang sangat menantang untuk di eksplorasi, ada banyak event rock climbing yang diadakan di curah tanggi ini, nah jika anda tertarik anda bisa mengunjungi lokasi ini di taman wisata baluran.

Taman Nasional Baluran Savanah Bekol
Tak lengkap rasanya jika kita membahas keindahan taman nasional baluran tanpa membicarakan keindahan objek wisata yang satu ini, Savanah Bekol merupakan salah satu objek wisata yang dijuluki “Afrika van java” sebab selain terkenal indah, savanah bekol juga memiliki satwa liar seperti banteng jawa, kijang dan juga merak, nah jika anda berkunjung ke taman nasional baluran mungkin tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke objek wisata savanah bekol ini.

Taman Nasional Baluran Pantai Bilik dan Pantai Sijile
Objek wisata terakhir yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di taman nasional baluran ialah pantai bilik dan pantai sijile, sama halnya dengan pantai bama, pantai bilik dan pantai sijile ini merupakan pantai indah yang jarang terdapat di objek-objek wisata lain.


Akses transportasi

Perjalanan ke Taman Nasional Baluran memakan waktu sekitar 6 jam dari Surabaya. Terletak di bagian Situbondo dan Banyuwangi. Menempati area seluas 22.500 hektar, hutan pesisir dan padang rumput dan diapit oleh tiga gunung, Baluran, Merapi dan Ijen. Taman Nasional Baluran dapat dicapai dari Surabaya di Jawa Timur di sepanjang pantai utara ke timur, melintasi kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan setelah Banyuputih, menuju ke selatan dan jangan terus ke timur ke desa Bilik. Sebelum desa Wongsorejo belok kiri menuju Visitor Center.

Demikianlah ulasan kami mengenai keindahan taman nasional baluran jawa timur, semoga dengan penjelasan kami diatas dapat membantu menambah pengetahuan para pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Labels: , ,